Ada beberapa tips dasar berselancar yang harus kamu ketahui. Tak hanya ketika kamu sedang mulai belajar berselancar, namun juga ketika bersiap menjadi seorang profesional. Nah bila saat ini kamu juga sedang berusaha menjadi perselancar profesional, pertama ada beberapa tips dan trik yang harus dipahami lebih dulu. Berikut ini misalnya merupakan tips dan trik untuk bisa menjadi seorang perselancar profesional.

1. Surfboard



Tips dasar berselancar pertama yang harus diketahui untuk menjadi seorang perselancar profesional, ialah mengenai papan surf itu sendiri. Mari kita mulai dengan jelas: Surfboards dibuat untuk mengapung di atas air.

Mereka memiliki pusat gravitasi alami. Jika kamu meletakkan papan selancar di kolam renang, kamu akan bisa beristirahat dengan cara yang sama setiap saat. Inilah yang ingin kita lakukan saat berbaring di papan selancar. Untuk mempertahankan keadaan papan selancar seperti itu, tips dasar berselancar yang pertama ialah berat badan harus di bawah berat air.

Tip yang baik adalah menemukan titik keseimbangan ini dan berbaring di papan, lalu beri tanda pada dagu. Tanda ini paling baik dibuat dengan sedikit lilin atau spidol ajaib. Ini adalah titik referensi yang memungkinkan kamu untuk meletakkan dagu di tempat yang sama setiap saat sehingga papan akan bereaksi terhadap berat badan dengan cara yang sama setiap saat.

Jika hidung papan menggali masuk ke dalam air, itu disebut pearling; kamu harus memindahkan lokasi "dagu" kembali. Untuk menyesuaikan, cukup geser kembali satu inci dari tanda dan buat catatan mental disitu letak dagu yang seharusnya.

Terlalu banyak beban di bagian belakang dan papan akan meleting. Hal ini sayangnya adalah kesalahan umum di kalangan pemula.

Kamu tidak bisa menangkap gelombang ombak jika kamu menyumbat papan selancar. Bergerak naik satu inci pada satu waktu sampai papan terletak di air secara alami. Ini akan memberi kecepatan lambung maksimum dan daya tarik minimum dari perpindahan air yang ditimbulkan dengan berat badan.

2. Mendayung papan selancar



Jangan mendayung dengan kedua lengan secara bersamaan karena ini akan menyebabkan papan untuk mempercepat dan melambat di air. Sehingga nantinya kamu tidak akan dapat mempertahankan kecepatan lambung konstan melalui air.

Selalu mengayuh dengan gerakan merangkak: satu lengan dan kemudian yang lainnya, sebagai alternatif. Ini akan memberikan kecepatan konstan sehingga kamu dapat lebih mudah menangkap gelombang ombak.

3. Duduk di papan



Jadi sekarang kamu sudah tahu bagaimana tidur di atas papan dan mendayung papan. Sekarang saatnya belajar duduk di papan selancar. Pertama kali kamu mencoba ini, kamu mungkin sangat goyah. Kunci untuk melakukan hal ini dengan baik adalah bersikap tenang atau berusaha untuk tetap diam. Semakin sedikit gerakan yang kamu buat semakin mudah nantinya untuk melakukan ini. Semua keterampilan berselancar lainnya akan meningkat saat kamu belajar untuk tenang ketika berselancar.

4. Berdiri di atas papan



Sekarang saatnya belajar bagaimana untuk bisa berdiri. Ini adalah sesuatu yang telah kamu lakukan sepanjang hidup, sebenarnya. Berbaringlah di dadamu, kepalamu, dan mulai lihat ke depan. Letakkan tangan di atas papan tepat di samping bahu. Dengan posisi telapak tangan seperti bila kamu akan melakukan push-up. Dorong tubuh bagian atas ke arah atas; Pada saat yang sama, sapukan kaki di bawah badan, dan taruh di stringer (garis di tengah papan) sehingga berat badan seharusnya terpusat di sepanjang stringer.

Saat sedang mulai berdiri ini, ingatlah untuk tetap berdiri dengan rendah. Jika kamu nantinya berdiri terlalu tegak, maka bisa dijamin kamu akan jatuh. Asumsikan posisi saat ini seperti seorang pegulat sumo. Tekan kaki selebar bahu dan pegangan papan di kaki yang berlawanan dengan cara menekan paha bersama di atas bersamaan dengan kuda-kuda.

Letakkan tangan sedikit lebih tinggi dari pinggang dan sebatas dengan arah pandangan. Ingat satu hal, selalu melihat ke atas! Jika kamu mencoba melihat kaki, jangan ragu lagi bahwa kamu akan terjatuh.

Berlatihlah ini berjam-jam. Mintalah seseorang melihat dan mintalah mereka mengkritik penampilan kamu ketika tengah berusaha berdiri di atas papan. Berlatihlah melompat tanpa mengeluarkan suara di lantai. Tenang dan terkendali adalah cara paling halus untuk melakukan tips dasar berselancar ini, jadi praktekkan melakukannya dengan tenang. Jika kamu memiliki papan selancar, meletakkannya di tempat tidur besar atau di pasir dan melakukan latihan ini. Ini adalah cara bagi kamu untuk menilai kemampuan serta untuk mengendalikannya.

5. Baju yang nyaman

Tips dasar lain, ialah mengenakan baju yang nyaman untuk berselancar. Baju kaos surf original biasanya terbuat dari bahan yang cukup nyaman, mudah kering, dan juga bisa menyerap keringat.