Salah satu perlengkapan penting untuk berselancar ialah baju kaos surfing. Kaos surfing atau rash guard ini berbeda dengan bikini maupun bathing suit lain. Bahkan berbeda dengan baju renang kebanyakan. Salah satu ciri yang paling membedakan antara bathing suit, baju renang, dan juga rash guard ialah model dan juga bahannya. Baju renang mungkin bisa menutupi kulit tubuh. Namun tetap ada bagian yang terbuka. Selain itu bahan baju renang pun tidak melindungi dari masuknya air serta tak ada pelindung katun di dalamnya.

Ini tentu saja berbeda dengan baju kaos surfing yang secara khusus dirancang untuk melindungi perselancar dari terpaan sinar matahari, sehingga modelnya lebih tertutup. Selain itu bahan yang digunakan pun tidak panas, terdapat lapisan katun di bagian dalam untuk menyerap keringat. Serta paling penting, cepat kering. Nah di bawah ini terdapat beberapa hal yang harus diingat bila kamu berencana untuk membeli kaos surfing alias rash guard pertama.

1. Ukuran, Jenis, dan Model

baju kaos surfing

Ada banyak sekali model, jenis, dan juga ukuran yang bisa dipilih ketika membeli rash guard pertama. Di antara yang banyak itu semua, satu hal yang wajib diperhatikan adalah ukuran. Rash guard tidak seharusnya terlalu ketat maupun terlalu longgar. Kaos surfing yang terlalu ketat tidak akan terasa nyaman ketika dikenakan. Begitupun juga dengan kaos yang terlalu longgar. Cara mengetahui apakan rash guard sudah pas, ialah dengan menarik sisi baju. Bila masih ada banyak ruang (kurang lebih 3 cm) maka, baju terlalu longgar. Sedangkan bila saat ditarik Anda bisa merasakan kain yang tertarik, maka berarti baju terlalu ketat.

Berikutnya model dan jenis. Secara umum ada dua jenis dan model rash guard; tangan panjang atau tangan pendek. Pilih keduanya berdasarkan dari dimana kamu akan surfing. Untuk lokasi surfing yang panas, sebaiknya pilih model rash guard dengan lengan panjang sehingga memberikan perlindungan maksimal pada kulit dari sinar matahari. Sedangkan untuk daerah yang lebih sejuk atau dingin, rash guard dengan lengan pendek bisa jadi pilihan.

2. Mengenakan Rash Guard

Rash guard sebaiknya tidak dikenakan dari rumah, hotel, atau penginapan. Bahan rash guard, meskipun kuat namun mudah sekali robek. Serta bila tidak digunakan di dalam air akan cukup panas. Jadi sebaiknya, kenakan baju kaos surfing ini di pinggir pantai atau di lokasi ganti baju sekitar pantai. Ketika mengenakan, mulai dari bagian tangan. Untuk tangan panjang, dengan hati-hati tarik tangan hingga menutupi pergelangan. Setelah itu baru kenakan rash guard melalui atas kepala dan tarik hingga menutupi dada.

Ketika mendarik rash guard, pastikan kamu tidak memaksa untuk memelarkan rash guard. Inilah mengapa memilih ukuran yang pas merupakan salah satu ketentuan penting saat membeli kaos surfing ini. Rash guard menggunakan bahan spandex lycra dan polyester yang akan mudah sekali melar bila tidak dikenakan dengan cara yang tepat. Saat menarik rash guard itu pula, pastikan tidak menggunakan kuku, melainkan dengan ujung jari tangan.

Berhati-hati ketika menggunakan rash guard bukan hanya demi keindahan dan juga agar awet. Namun lebih pada keselamatan ketika surfing nantinya. Adanya bagian yang robek, ditakutkan akan tertarik bagian papan surfing yang bisa membahayakan perselancar sendiri.

3. Mengeringkan Rash Ruard

baju kaos surfing

Baju kaos surfing dengan kualitas terbaik dan baju surfing original seharusnya tak perlu menunggu lama untuk kering. Ketika kamu sudah keluar dari air, beberapa waktu saja maka baju akan kering dengan sendirinya. Ini salah satunya untuk mencegah perselancar sakit karena mengenakan baju basah yang terlalu lama. Serta air bisa merusak bahan spandex yang ada pada baju ini. Jadi tak perlu repot untuk mengelap rash guard dengan handuk. Cukup wajah atau rambut saja.

Selain itu mengeringkan rash guard dengan handuk juga ditakutkan bisa merusak baju surfing ini sendiri. Jadi biarkan saja rash guard kering secara alami. Selain tentunya, sebaiknya kamu membeli baju untuk surfing berkualitas baik yang benar-benar produk original.

4. Mencuci Rash Guard

Mencuci baju khusus surfing cukup rumit. Namun juga sebenarnya mudah. Cara pertama, jangan mencuci dengan mesin. Pastikan selalu mencuci rash guard dengan tangan di bawah air yang mengalir. Jangan gunakan air panas, atau air hangat karena akan merusak bahan spandex di baju ini. Gunakan juga sabun cuci yang lembut. Sabun cuci atau deterjen dengan bahan kimia yang keras akan menjadikan baju cepat melar pula.

Setelah mencuci, perhatikan juga ketika menjemur baju ini. Pertama, usahakan menjemur baju sesuai dengan bentuk aslinya. Bisa dengan dibiarkan mendatar atau digantung. Selain itu juga jangan dijemur di bawah matahari.
Untuk mencuci