Untuk seorang pemula, perlengkapan surfing dan apa saja yang dibutuhkan sebelum mulai berselancar di lautan lepas tentu saja membingungkan. Pasalnya, meski perlengkapan selancar sepertinya sederhana, namun sebenarnya ada banyak sekali yang dibutuhkan. Sebelum seseorang siap untuk mulai menunggangi ombak. Di bawah ini akan kami berikan daftar perlengkapan yang wajib dimiliki untuk surfing. Terutama bagi kamu yang masih pemula dalam olah raga menantang satu ini.

Surfing merupakan salah satu olah raga menantang yang cukup dikenal di Indonesia. Negara Indonesia dengan garis pantai yang luas, laut, samudra, dan ombak dengan berbagai jenis dan ukuran membuat banyak perselancar dari seluruh dunia yang bermimpi untuk berolah raga di negara kita tercinta. Nah, bila Anda mulai tertarik untuk mencoba berselancara, perlengkapan surfing merupakan hal pertama yang wajib untuk dipersiapkan. Berikut ini merupakan daftar perlengkapan apa saja yang harus dimiliki sebelum mulai melakukan olah raga selancara.

perlengkapan surfing

1. Papan surfing

Perlengkapan surfing pertama yang harus disiapkan tentu saja papan surfing. Ada beberapa jenis papan selancar atau board berbeda yang bisa digunakan. Biasanya disesuaikan dengan jenis ombak hingga kedalaman laut atau samudera. Untuk berselancar di Indonesia sendiri, ada 3 jenis board yang paling sering untuk digunakan. Namun hanya 2 diantaranya yang cocok untuk pemula.

Harga papan selancar memang termasuk mahal. Meski tergantung juga dari brand, hingga jenis papan selancar yang dipilih. Untuk kamu yang masih pemula di olah raga ini, menyewa papan selancar menjadi pilihan yang tepat. Ketika menyewa ini pun, jangan lupa jelaskan bahwa kamu masih seorang pemula sehingga bisa dipilihkan papan yang tepat.

2. Tali kaki

Tali kaki atau leash menjadi perlengkapan kedua yang tak bisa ditinggalkan ketika surfing. Ada beberapa jenis papan yang langsung memiliki tali pengikat, sedangkan ada juga yang tidak. Untuk perselancar profesional, menggunakan tali atau leash mereka sendiri biasanya lebih disukai. Ketika memilih tali, pastikan panjang tali sama dengan panjang papan selancar. Tali yang terlalu pendek dan telalu panjang pada akhirnya akan membahayakan penggunanya.

Bagi pemula, menggunakan papan selancar yang sudah termasuk dengan tali menjadi pilihan paling aman dan juga paling ringkas.

3. Wax dan Wax Comb

Kedua barang ini wajib sekali dimiliki ketika berselancar. Fungsi dari keduanya untuk memastikan keamanan dari surfer ketika berada di atas papan. Wax atau lilin berguna untuk menambah daya rekat di papan. Serta memastikan papan tidak licin ketika digunakan oleh surfer nantinya. Nah, terjawab sudah bukan bagaimana caranya papan surfing bisa tetap menempel di kaki surfer ketika digunakan di atas ombak? Berkat adanya wax ini!

Untuk penggunaan di daerah tropis seperti di Indonesia, pastikan kamu menggunakan wax untuk suhu 27 derajat celcius. Wax jenis ini memastikan tak akan cepat meleleh dan akan tetap keras ketika dipasang di atas papan.

Wax Comb gunanya untuk meratakan wax yang digunakan dan mengelupas wax lama di papan. Perlengkapan ini pun berguna untuk memastikan papan tetap dalam keadaan kasar ketika digunakan nantinya.

4. Fins dan Kunci Fins

Fins atau sirip merupakan alat yang digunakan untuk mengatur kecepatan dan juga laju board di atas ombak nantinya. Seperti juga papan, fins ini memiliki beberapa jenis berbeda. Masing-masing dipilih berdasarkan dari jenis ombak, hingga rasa nyaman pengguna. Kunci fins, gunanya tentu saja untuk membuka dan menutup fins. Terutama bila kamu harus membawa board dengan motor atau dengan mobil. Membuka fins dengan kunci fins jadi keharusan.

Bagi pemula, fins dan segala keperluannya bisa didapatkan ketika menyewa board. Tinggal pilih mana fins yang paling nyaman menurut kamu nantinya. Tak salah juga bisa meminta saran dari ahli untuk pemilihan fins yang tepat.

5. Rash guard

Rash guard merupakan baju khusus yang digunakan untuk surfing. Baju ini tak bisa digunakan sembarangan karena bahan untuk baju surfing ini harus dari bahan karet poliester yang tetap nyaman digunakan. Baju khusus surfing ini biasanya memiliki tangan panjang sehingga bisa melindungi dari terpaan sinar matahari. Baju surfing dengan kualitas terbaik dan juga model terbaru bisa didapatkan dari Online Butik ini. Selain kualitas, memastikan kaos surfing original juga penting.

6. Board short

Selain rash guard atau baju surfing, board short alis celana khusus surfing juga menjadi perlengkapan surfing yang wajib dimiliki. Celana ini memiliki bahan khusus yang tidak lengket dan juga tidak mudah kemasukan air. Harus dipastikan juga, board short yang digunakan untuk surfing terdapat pengaman di bagian dalam kantong. Ada beberapa merk board short yang terkenal di Indonesia. Seperti misalnya Ripcurl, yang memang dikenal dengan produk terbaik untuk surfer.